Minggu, 30 Oktober 2016

Pemasaran

Pemasaran
Ratih Rahmawati/1EB17/26216098/IT-02234
Tulisan ini saya buat untuk memenuhi tugas merangkum pada Matakuliah Pengantar Bisnis (softskill). Diharapkan mahasiswa dapat memahami peran pemasaran dan manajemen pemasaran dalam memasuki jenis-jenis pasar yang dipilih dalam kondisi tertentu.

Pemasaran
1. Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pasar secara umum diartikan sebagai tempat penjual menawarkan barang atau jasa sesuai taksiran harga penjual serta pembeli mendapatkan barang atau jasa sesuaidengan taksiran harga pembeli.
Pemasaran merupakan suatu kegiatan analisis, perencanaan, penawaran produk ataujasa dan pengendalian program-program yang diformulasikan dengan ketelitian untuk menghasilkan pertukaran nilai-nilai secara sukarela dengan target pasar yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Jenis-jenis pasar
Jenis-jenis Pemasaran menurut Supriyanto yaitu :
  • Pemasaran Internal
Pemaran Internal merupakan salah satu dari jenis jenis pemasaran. Pada dasarnya karyawan adalah pelanggan pertama dari suatu bisnis atau perusahaan. Bagaimana suatu perusahaan harus memuaskan karyawan, memperhatikan kebutuhan, keinginan serta harapan, demikian juga mengenai kesejahteraan karyawan. Semua tersebut merupakan hak yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan. Karena itu kewajiban perusahaan harus memperhatikan kesejahteraan karyawan seperti gaji, tunjangan hari tua, pengembangan karir, asuransi dan lain-lain. Di lain pihak harus memasarkan perusahaan tersebut, termasuk sumber daya perusahaan danbrand image(citra merek).
  • Pemasaran Interaktif
Pemasaran Interaktif merupakan salah satu dari jenis jenis pemasaran. Kemampuan karyawan untuk berinteraksi dengan pelanggan mengharuskan setiap karyawan memiliki keterampilan dan profesional dalam malayani pelanggan. Untuk memuaskan kebutuhan dan harapan pelanggan, karyawan harus selalu kelihatan menarik, murah senyum, mau mendengarkan keluhan, siap biladiperlukan, hormat, sabar, jujur dan bisa dipercaya.
  • Pemasaran Eksternal 
Pemasaran Eksternal merupakan salah satu dari jenis jenis pemasaran. Pemasaran eksternal menjadi tugas dari manager dan organisasi pemasaran perusahaan. Dalam memahami kebutuhan dan harapan pasar, upaya menciptakan produk atau jasa pelayanan, serta mengupayakan terjadinya transaksi yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
3. Konsep-konsep dari Pemasaran
Ada beberapa konsep yaitu sebagai berikut :
  • Konsep Produksi 
Merupakan suatu konsep dimana konsumen lebih menyukai produk yang dapat ditemukan dimana-mana dengan harga yang murah. Jadi orientasi konsep ini lebih mengarah pada upaya pencapaian efisiensi produk yang tinggi dan distribusi yang sangat luas. 
  • Konsep Produk 
Menyatakan bahwa akan lebih menyukai produk yang menawarkan mutu, kualitas, performansi dan karakter terbaik. Dimana tugas manajemen disini ialahmembuat produk yang berkualitas tinggi dan penampilan yang terbaik& menarik.
  • Konsep Penjualan
Menyatakan bahwa konsumen  dengan dibiarkan begitu saja atau apa adanya, organisasi harus berusaha melaksanakan promosi yang menarik para konsumen.
  • Konsep Pemasaran
Menyatakan bahwa kunci dalam mencapai tujuan sebuah organisasi bisnis meliputi penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sebagai sasaran serta memberi kepuasan yang sesuai secara efektif dan efisien dibandingkan dengan para pesaing.
  • Konsep Pemasaran Sosial
Dalam konsep ini tugas sebuah organisasi yaitu menentukan kebituhan , kepentingan, keinginan pasar dan tetap memberi kepuasan serta tetap melestarikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat (konsumen).
  • Konsep Pemasaran Global 
Dalam konsep ini manajer eksekutifnya harus berupaya memahami segala faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi pemasaran lewat manajemen yang strategis. Dimana tujuan akhirnya ialah berusaha untukmemenuhi segala kebutuhan masyarakat dan memberikan yang terbaik dan bermanfaat kepada seluruh pihak yang terlibat di dalam suatu perusahaan.
4. Manajemen Pemasaran
Pengertian Manajemen Pemasaran menurut Simamora yang di kutip dari Kotler, Gary (2001:10),
Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang didesain untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan denganpembeli sasaran, untuk mencapai sasaran perusahaan.
   
a. Keadaan Permintaan dan Tugas Pasar
  • Permintaan Negatif (negatif demand) 
Ialah keadaan sebagian terbesar dari segmen pasar potensial yang penting tidak menyukai produk atau jasa yang ditawarkan, bahkan mereka bersedia membayar untuk menghindarinya. Tugas Pemasarannya adalah positif permintaan dan nama resminya adalah conversional marketing
  • Tidak ada permintaan (no demand)
Berarti orang tidak berminat sama sekali terhadap penawaran suatu produk atau jasa. Penawaran yang ada dalam keadaan tidak ada permintaan.
  • Permintaan terpendam (latent demand)  
Ialah jika sebagian besar orang – orang mempunyai kebutuhan yang kuat akan sesuatu yang tidak ada dalam bentuk barang atau jasa yang nyata. Dalam keadaan permintaan seperti ini maka manajer pemasaran mempunyai tugas untuk mengembangkan permintaan atau disebut “development marketing”.
  • Permintaan menurun (falling demand)     
Ialah suatu keadaan di mana permintaan untuk suatu produk atau jasa semakin berkurang dari tingkat sebelumnya, dan diperkirakan akan menurun terus dan jika tidak memperbaiki pasar yang dituju atau usaha-usaha pemasaran. Tugas pemasarannya adalah “remarketing”.  
  • Permintaan tidak teratur (irregular demand)  
Ialah suatu keadaan dimana pola pemintaan pada saat-saat tertentu dipengaruhi oleh fluktuasi musim atau hal-hal lain. Tugas manajemen marketing adalah menyelaraskan permintaan atau “syncromarketing”.
  • Permintaan penuh (full demand)
Ialah suatu keadaan di mana tingkat dan saat permintaan yang sekarang sama dengan tingkat dan saat permintaan yang diharapkan.Tugas manajer permasaran adalah “maintenance marketing”.
  • Permintaan yang berlebihan (overfull demand)
Ialah suatu keadaan dimana permintaan lebih besar dari pada penawarannnya. Perusahaan merasa tidak mampu untuk memenuhi permintaan yang lebih besar. Dalam hal ini tugas manajer pemasaran adalah mengurangi permintaan atau disebut “demarketing”.
  •  Permintaan tidak sehat (unwholesome demand)
Ialah permintaan beberapa jenis produk yang dapat dinilai tidak baik dari segi kesejahteraan konsumen, kemakmuran masyarakat atau penyedia. Dalam hal ini manajer pemasaran mempunyai tugas untuk merusak atau meniadakan permintaan atau disebut “countermarketing”.
b. Falsafah Manajemen Pasar
     Falsafah (pedoman) yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menjalankan aktivitas pemasaran yaitu sebagai berikut :
  • Production Concept  
Konsumen lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah harganya
  • Product Concept
Konsumen menyukai produk produk yang menawarkan kualitas, dan kinerja terbaik, serta fitur fitur yang inovatif
  • Selling Concept
Konsumen dan pebisnis hanya akan membeli produk yang melakukan usaha usaha pemasaran yang aktif. Konsumen tidak akan membeli jika tidak ada usaha pemasaran yang gencar
  • Marketing Concept
Kunci pencapaian sasaran organisasi adalah seberapa efektif suatu perusahaan dalam menciptakan, menyampaikan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang lebih superior kepada target pasarnya disbanding dengan pesaingnya
  • Holistic Marketing Concept
Merupakan suatu konsep pemasaran menyeluruh, yaitu konsep dimana para pemasar berusaha untuk meningkatkan kesadaran dari suatu kebutuhan konsumen agar didapat pendekatan yang lebih lengkap dan menyatu. Konsep ini didasari pada pengembangan desain dan pengimplementasiandari program,proses, dan aktivitas yang didasrai saling ketergantungan. 
5. Bauran Pemasaran (4P) 
  • Produk ialah kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar sasaran.
  • Price ialah sejumlah uang yang harus dibayarkan pelangagan untuk memperolehproduk.
  • Place ialah kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan sasaran. 
  • Promotion ialah sebuah aktivitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pelanggan
6. Tujuan Sistem Pemasaran
Ada beberapa alternatif dari sistem pemasaran, yaitu :
  • Memaksimumkan Konsumsi Pekerjaan
Pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmurkan maksimum.
  • Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah, belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yg diterima sesorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
  • Memaksimumkan pilihan.
Sistem pemasaran juga dipercaya akan menyebabkan timbulnya beranekaragam produk. Dengan adanya beranekaragam produk maka konsumen berhak memilih produk yang diinginkannya.
  • Memaksimumkan Mutu Hidup
Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang, mutu lingkungan fisikdan mutu lingkungan kultur.
7. Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran
  • Institutional approach atau pendekatan serba lembaga adalah cara mempelajari pemasaran ditinjau dari sudut lembaga yang terdapat diantara produsen dan konsumen. institutional approach mempelajari hanya satu segemen yaitu lembaganya. dan penghubung antara produsen dengan konsumen. contoh pedagang besar atau wholesaler dan pedagang kecil retailer, PT. CV. Firma, koperasi, bank,danlain-lain.
  • Functional approach atau pendekatan secara lembaga adalah cara mempelajari pemasaran ditinjau dari sudut  fungsinya atau kegiantan yang dilakukan oleh berbagai lembaga. lembaga seperti ini menganalisis kegiatannya. contoh kegiatan membeli, menjual, menyimpan dan lainnya.
  • Commodity approach atau pendekatan serba barang adalah cara mempelajari pemasaran ditinjau dari sudut produk atau barangnya. atau membahas aspek dari sesuatu barang yang bersangkutan dengan prosesnya pemasaran. cara mempelajari pemasaran seperti ini dimulai dari produksi teknis dan pengetahuan barang sampai kepada fungsi serta lembaga dari barang

Kesimpulan 
Pasar merupakan tempat penjualan, menawarkan barang dan jasa sesuai harga taksiran penjual dan mendapatkan sesuai taksiran pembeli. sedangkan Pemasaran merupakam kegiatan, pengendalian, dan program yang diformulasikan dengan ketelitian guna mencapai tujuan organisasi.
Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang didesain untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan denganpembeli sasaran, untuk mencapai sasaran perusahaan.

Referensi
S. Supriyanto dan Ernawati, 2010. Judul :Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. PenerbitCV Andi Offset : Yogyakarta.
Kotler, Philip, dan Armstrong, 2001,Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.
“Prinsip-prinsip Pemasaran” oleh Philip Kotler & Gary Armstrong. 2008., edisi 12. Penerbit Erlangga Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar