Senin, 24 Oktober 2016

Manajemen dan Organisasi

Manajemen dan Organisasi
Ratih Rahmawati/26216098/IT-02234

 

Tulisan ini saya buat untuk memenuhi tugas merangkum pada Matakuliah Pengantar Bisnis (softskill). Diharapkan penulisan ini dapat dipahami dan dimengerti untuk semuanya.

1. Manajemen
    a. Pengertian dan Peranan Manajemen


        Manajemen adalah ilmu yang mempelajari tentang arti atau seni didalamnya terdapat alur dalam mengambil keputusan yang paling menguntungkan. Sama seperti manajer bertugas untuk mengatur, seluruh sistem kerja dia yang mengatur untuk mencapai tujuan yang di rencanalkan. Seorang manajer tentunya harus memiliki unsur kerjama sama antara dia dan anak buahnya. Ilmu manajemen sebenarnya sudah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari contohnya, dalam mengatur waktu, pekerjaan dan lain-lain.
       Peranan Manjemen yaitu sebagai berikut :
  • Peran Interpersonal yaitu, memerlukan manajer yang bisa mengarahkan dan mengawasi karyawannya.
  • Peran Informasi yaitu, manajer yang mengatur dan memberikan informasi kepada karyawannya.
  • Peran Pengambilan Keputusan yaitu, peran untuk mengambil keputusan dengan baik. membutuhkan manajer untuk merencanakan strategi dan memanfaatkan sumberdaya. 
  b. Latar belakang Sejarah Manajemen
     Banyak sekali kesulitan yang terjadi pada saat melacak sejarah manajemen. Ilmu manajemen telah ada sejak 1000an tahun lalu. Hal ini dibuktikan ddengan adanya piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jika tidak ada seseorang tanpa mempedulikan apa sebutan untuk manajer ketika itu.
        Pada tahun 1976 Adam Smith mempublikasikan sebuah doktrin ekonomi klasik, ''The Wealth of Nation''. Dalam bukunya itu ia mengemukakan pendukung konsep pembagian atau spesialisasi kerja (division of labor : job specialization) untuk meningkatkan pruduktivitas pekerja. Peristiwa penting kedua yang mempengaruhi perkembangan ilmu manajemen adalah Revolusi Industri di Inggris. Revolusi Industri menandai dimulainya penggunaan mesin, menggantikan tenaga manusia, yang berakibat pada pindahnya kegiatan produksi dari rumah-rumah menuju tempat khusus yang disebut pabrik.

  c. Fungsi dan Proses Manajemen
      Ada beberapa fungsi manajemen yaitu, sebagai berikut :
  • Perencanaan (Planning)
  • Pengorganisasian (Organizing)
  • Koordinasi 
  • Pengarahan (Directing)
  • Motivasi
  • Komunikasi
  • Kepemimpinan
  • Penanggung resiko
  • Pengambilan keputusan (Decision making)
  • Pengawasan/Pengendalian (Controling)
          Semua fungsi dalam manajemen tersebut akan dilakukan tergantung dengan kebutuhan, apakah akan dilakukan secara sederhana atau dengan tingkat kesulitan yang tinggi, dan dapat menggunakan hanya beberapa fungsi saja.
           Proses Manajemen
           Proses manajemen adalah interaksi dan saling keterkaitan antara beberapa fungsi manajemen yang digunakan.
          Menurut Harold Koontz dan Cryril O’Donnell mengatakan bahwa dalam melakukan tugas manajerial seseorang tidak terlepas dari kerjasama dengan orang lain dan dilakukan dengan proses  step by step of doing something.
          Model manajemen yang merupakan kegiatan utama manajemen yaitu : Perencanaan, Pengorganisasian, Kepemimpinan, Pengendalian.
  1. Perencanaan (Planning) adalah proses untuk menetapkan tujuan organisasi (perusahaan) sebagai langkah awal berdirinya sebuah organisasi
  2. Pengorganisasian (Organizing),berhubungan dengan bagaimana mengatur sumber daya baik manusia maupun fisik agar tersusun secara sistematis berdasarkan fungsinya masing-masing.
  3. Kepemimpinan, dilakukan oleh manajer untuk manajer untuk dapat mengarahkan, mengkoordinasikan dan mempengaruhi kepada bawahan untuk bekerja dengan sadar dan tanpa paksaan untuk mencapai tujuan.
  4. Pengendalian (Controlling) lebih fokus kepada evaluasi dan penilaian atas kinerja yang selama ini telah dilakukan dan berjalan.
  d. Ciri-ciri Manajer Profesional
      Manajer yang professional adalah manajer yang mampu untuk menciptakan atau membuat kedua belah pihak menjadi senang, bahagia dan bangga.

  • Pemimpin Lambang (Figurehead)         
Manajer bertanggung jawab dan menjalankan kewajiban rutin dan bersifat legal.
  • Pemimpin memotivasi (Leader)
Manajer harus menjadi pemimpin yang dapat memotivasi,mengaktifkan, bertanggung jawab, dan memberikan instruksi-instruksi pembagian kerja.Ia juga bekerja keras agar memberikan contoh yang baik kepada anggotanya
  • Penghubung (Liaison)
Manajer harus dapat memperluas dan memelihara mitra bisnis. 
  • Pemantau  (Monitor)
Sebagai pusat informasi internal dan eksterna.
  • Penyebar (Dissiminator)
Manajer meneruskan informasi yang didapat  kepada anggotanya agar anggotanya memiliki pengetahuan yang sama dalam bekerja  
  • Juru Bicara (Spokesperson)
Manajer juga meneruskan informasi kepada mitra bisnis tentang rencana, tindakan, kebijakan, dan hasil organisasi demi terciptanya pencapaian bisnis 
  • Wirausaha (Enterpreneur)
Manajer professional dapat mencari peluang bisnis utntuk membuat perubahan yang lebih baik. 
  •   Pengendali Gangguan (Disturbance Handler) 
Manajer akan menjadi pelindung atau benteng dalam menghadapi kendalakendala yang tidak dapat diselesaikan  oleh anggotanya.
  •  Pengalokasi Sumbe Daya (Resource Allocator)
Manajer bertanggung awab atas alokasi sumber daya organisasi.
  • Perunding (Negotiator)
Manajer  harus mewakili perundingan  bisnis yang penting untuk mewakili anggotanya.
     e. Keterampilan Manajemen yang dibutuhkan
  • Keterampilan konseptual 
  • Keterampilan untuk berhubungan dengan orang lain
  • Keterampilan teknis
  • Keterampilan Manajemen waktu
  • Keterampilan Membuat keputusan
2. Organisasi
    a. Definisi Organisasi
  •  Max Webber
Organisasi ialah suatu kerangka terstruktur yang di dalamnya berisikan wewenang, tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan masing-masing fungsi tertentu.

  • Kochler
    Organisasi ialah sebuah sistem terstruktur yang mengkoordinasikan usaha tertentu oleh suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan.
  • Drs. Malayu S.P Hasibuan 
Organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.  
  b. Pentingnya Mengenal Organisasi
       Dalam lingkungan yang terus berubah kita memerlukan struktur organisasi yang  memungkinkan kita untuk menyesuaikan diri. Dengan berorganisasi kita dapat beradaptasi dengan lingkungan baru dengan cepat, pada organisasi kita dapat bertukar pikiran dan dapat memahami orang lain.

 c. Bentuk-bentuk Organisasi
  • Bentuk organisasi tunggal adalah organisasi yang pimpinannya ada pada seorang. Jabatan untuk tunggal antara lain Presiden, Direktur, Kepala, Ketua. Di dalam struktur organisasi pemerintah dikenal sebutan jabatan Menteri, Gubernur, Bupati, Walikota, Camat,Lurah. Dalam struktur organisasi ABRI dikenal sebutan jabatan Panglima, Komandan. Dalamstruktur organisasi perguruan tinggi dikenal sebutan jabatan Rektor, Dekan.
  • Bentuk organisasi jamak adalah organisasi yang pimpinannya ada pada beberapa orang sebagai satu kesatuan. Sebutan jabatan yang digunakan antara lain Presidium, Direksi,Direktorium, Dewan Majelis.
  • Bentuk organisasi jalur adalah organisasi yang wewenang dari pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam semua bidang pekerjaan, baik pekerjaann pokok maupun pekerjaan bantuan.
  • Bentuk organisasi fungsional adalah organisasi yang wewenang pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu;pimpinan tiap bidang berhak memerintah kepada semua pelaksana yang ada sepanjangmenyangkut bidang kerjanya.
  • Bentuk organisasi jalur dan staff adalah organisasi yang wewenang dari pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam semua bidang pekerjaan baik pekerjaan pokok maupun pekerjaan bantuan, dan dibawah pucuk pimpinan atau pimpinan satuanorganisasi yang memerlukan diangkat pejabat yang tidak memiliki wewenang komando tetapihanya dapat memberikan nasihat tentang bidang keahlian tertentu.
  •  Bentuk organisasi fungsional dan staff adalah organisasi yang wewenang dari pucuk pimpinandilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu,pimpinan tiap bidang kerja dapat memerintah semua pelaksana yang ada sepanjang menyangkutbidang kerjanya, dan di bawah pucuk pimpinan atau pimpinan satuan diangkat pejabat yang tidakmemiliki wewenang komando tetapi hanya dapat memberikan nasihat tentang bidang keahliantertentu.
  • Bentuk organisasi fungsional dan jalur adalah organisasi yang wewenang dari pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu,pimpinan tiap bidang berhak memerintah kepada semua pelaksana yang ada sepanjangmenyangkut bidang kerjanya, dan tiap-tiap satuan pelaksana ke bawah memiliki wewenang dalamsemua bidang kerja, dan di bawah pucuk-pucuk pimpinan atau pimpinan bidang diangkat pejabatyang tidak memiliki wewenang komando tetapi hanya dapat memberikan nasihat tentang bidangkeahlian tertentu.
    d. Prinsip-prinsip Organisasi
  •  Perumusan Tujuan yang Jelas
  • Pembagian kerja
  • Delegasi kekuasaan
  • Rentang kekuasaan
  • Tingkat pengawasan
  • Kesatuan perintah dan tanggung jawab
  • Koordinasi
   e. Keterampilan Manajemen yang dibutuhkan 
  • Keterampilan Konseptual 
  • Keterampilan untuk berhubungan dengan orang lain
  • Keterampilan Teknis
  • Keterampilan Manajemen waktu
  • Keterampilan Membuat keputusan
   f. Sebab Keberhasilan dan Kegagalan Organisasi
      Sebab keberhasilan :
  • Selalu ada kordinasi antara bagian satu dengan yang lain
  • Mengembangkan hubungan baik dengan mitra usaha
  • Visi dan misi jelas 
      Sebab Kegagalan :
  • Kurang koordinasi dalam setiap bagian
  • Kurangnya komunikasi 
  • Gagal dalam perencanaan
Kesimpulan :
Manajemen adalah ilmu yang mempelajari tentang arti atau seni didalamnya terdapat alur dalam mengambil keputusan yang paling menguntungkan.
Organisasi adalah sekumpulan orang atau kelompok yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu dan bekerja sama dalam wadah yang sama.


Referensi :










        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar